Selasa, 25 Februari 2014

FLOWCHART

Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.
Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.
Simbol-simbol flowchart
Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program. Simbol-simbol yang dipakai antara lain :
Flow Direction symbol

Yaitu simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain. Simbol ini disebut juga connecting line.
Terminator Symbol


Yaitu simbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu kegiatan
Connector Symbol


Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses dalam lembar / halaman yang sama.
Connector Symbol


Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses pada lembar / halaman yang berbeda.
Processing Symbol


Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer
Simbol Manual Operation


Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer
Simbol Decision


Simbol pemilihan proses berdasarkan kondisi yang ada.
Simbol Input-Output


Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya
Simbol Manual Input


Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard
Simbol Preparation


Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.

Simbol Predefine Proses

Simbol untuk pelaksanaan suatu bagian (sub-program)/prosedure
Simbol Display


Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer dan sebagainya.

Simbol disk and On-line Storage


Simbol yang menyatakan input yang berasal dari disk atau disimpan ke disk.

Simbol magnetik tape Unit


Simbol yang menyatakan input berasal dari pita magnetik atau output disimpan ke pita magnetik.
Simbol Punch Card


Simbol yang menyatakan bahwa input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu

Simbol Dokumen


Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas.
Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
1.      Input berupa bahan mentah
2.      Proses pengolahan
3.      Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
·         START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani  pemecahan masalah.
·         READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
·         PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
·         WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
·         END: mengakhiri kegiatan pengolahan
Gambar berikut memperlihatkan flowchart dari kegiatan dasar diatas.



Dari gambar flowchart di atas terlihat bahwa suatu flowchart harus terdapat proses persiapan dan proses akhir. Dan yang menjadi topik dalam pembahasan ini adalah tahap proses. Karena kegiatan ini banyak mengandung variasi sesuai dengan kompleksitas masalah yang akan dipecahkan. Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran yaitu:
·         Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
·         Penggambaran flowchart yang simetris dengan arah yang jelas.

Contoh flowchart Algoritma mengitung harga CPU, RAM MOTHERBOARD

1.           Start.
2.           Masukkan harga CPU, RAM dan Motherboard.
3.           Hitung jumlah keseluruhan harga beli barang tersebut (total_harga).
4.           Bila jumlah keseluruhan harga beli barang tersebut di atas 1.500.000 (>1.500.000) maka anda akan mendapatkan diskon sebesar 10% dari harga Tersebut.
5.           Hitung diskon yang diperoleh dengan rumus, diskon = total_harga * 0.10.
6.            Kemudian hitung total pembayarannya dengan rumus, total_bayar = total_harga-diskon lalu cetak harga tersebut.
7.           Bila jumlah keseluruhan harga beli barang tersebut di bawah 1.500.000 atau sama dengan 1.500.000 maka anda tidak mendapatkan diskon dan harus membayar sebesar total harga harga yang telah dijumlahkan, kemudian cetak harga tersebut.
8.           End.

Algoritma merupakan langkah-langkah atau step-step dalam menyelesaikan suatu masalah. SedangkanFlowchart adalah bagan atau diagram yang memilki aliran yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian masalah.
Berikut ini adalah Algoritma dan flowchart dalam menghitung luas dan keliling lingkaran.


1. Algoritma menghitung luas lingkaran


o    menetapkan nilai Phi yaitu 3.14
o    menghitung jari-jari lingkaran.
o    menghitung luas lingkaran dengan rumus L=phi*r*r
o    mencetak nilai L
2. Flowchart mengitung luas lingkaran


3. Algoritma menghitung keliling lingkaran 


o    menetapkan nilai Phi yaitu 3.14
o    menghitung jari-jari lingkaran.
o    menghitung keliling lingkaran dengan rumus K=2*phi*r
o    mencetak nilai K

4. Flowchart mengitung keliling lingkaran

Soal :
USM UTS ( Ujian Seleksi Masuk Universitas Teknologi Sumbawa ) rencananya akan dilaksanakan kembali pada tahun ini. Seleksi yang dilakukan meliputi seleksi administratif dan seleksi secara tertulis. Dalam seleksi administratif, pihak UTS mensyaratkan nilai rata-rata Ujian Kelulusan atau UN minimal 7,5 dan khusus untuk nilai Ujian Bahasa Indonesia minimal 7, dan untuk tahap selanjutnya, untuk seleksi tertulis UTS mengadakan ujian seleksi seperti biasa yang terdiri dari 2 jenis soal yaitu 120 butir soal Tes Potensial Akademik (TPA) dan 60 butir soal Bahasa Inggris. Sistem penilaian adalah tetap yaitu Nilai Benar (B)=+4, Salah (S)=(-1), Kosong/Tidak Diisi (K)=0. Selain itu, berlaku ketentuan nilai mati. Nilai mati adalah nilai minimal peserta untuk dapat lolos dari ujian tulis ini yaitu minimal 1/3 benar dari masing-masing jenis soal (minimal 40 butir soal TPA dan 20 butir soal Bahasa Inggris harus dapat dijawab dengan benar oleh peserta USM UTS). Jumlah mahasiswa yang akan diterima pada USM UTS kali ini adalah sebanyak 1000 orang mahasiswa.

Dilihat dari soal di atas, kita dapat membuat sebuah Algoritma yang sederhana, seperti di bawah ini :
1. Panitia memasukkan data peserta
2. Sistem membaca data peserta
3. Cek nilai rata-rata hasil UAN peserta. Jika nilai rata-rata UAN peserta lebih dari 7,5, peserta lanjut ke tahap selanjutnya, jika tidak, berikan pesan bahwa peserta tidak lolos. 
4. Cek nilai UAN Bahasa Indonesia peserta. Jika nilainya lebih dari 7, peserta lanjut ke tahap selanjutnya, jika tidak, berikan pesan bahwa peserta tidak lolos.
5. Masukkan jawaban peserta pada ujian tulis USM STAN
6. Baca jawaban peserta pada ujian tulis USM STAN
7. Hitung jumlah jawaban benar peserta
8. Cek jumlah jawaban benar peserta. Jika jumlah jawaban benar peserta lebih dari 1/3 jumlah keseluruhan masing-masing tipe soal (TPA benar<40 dan/atau Bahasa Inggris<20), peserta lanjut ke tahap berikutnya, jika tidak, peserta tidak lolos. 
9. Hitung nilai ujian tulis USM STAN peserta (B*4+S*(-1)+K*0)
10. Sortir nilai ujian tulis USM STAN peserta
11. Cek ranking nilai ujian tulis USM STAN peserta. Jika ranking ujian tulis USM STAN peserta antara 1-1000, peserta dinyatakan lolos, jika ranking ujian tulis USM STAN peserta lebih dari 1000, peserta tidak lolos.

contoh flowchart


Tidak ada komentar:

Posting Komentar